Selamat Datang

MARI LIHAT BETAPA KAYA DAN INDAHNYA NEGERI INI

.

KIPRAH PAHLAWAN DALAM MATA UANG

Written By ferdy on Rabu, 06 April 2011 | 07.59

Loh?apa ini?
Maksut saya, gambar - gambar pahlawan dalam mata uang resmi Indonesia. Banyak sekali tokoh pahlawan yang menjadi gambar dalam mata uang Rupiah.
Nah disini saya akan mencoba menampilkan beberapa diantaranya :
Menjadikan gambar pahlawan sebagai ikon di mata uang adalah wujud pemerintah untuk mengapresiasi atau menghargai atau mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.
Mari sekarang kita lihat gambar - gambar pahlawan dalam mata uang Rupiah .



1. Kapitan Pattimura
Seribu Rupiah

Siapakah Pattimura itu?
Pattimura
Lebih dikenal dengan nama Thomas Matulessy lahir di Haria pulau Saparua Maluku tahun 1783. Didalam masa hidupnya sempat mengalami pergantian masa pemerintahan dari Belanda ke tangan Inggris ditahun 1798. Lalu pada masa pemerintahan Inggris, Patimura ikut milite dan memperoleh pangkat sersan.

Tak lama kemudian Belanda kembali berkuasa di kota Maluku dan para penduduk mengalami penderitaan karena dipaksa kerja rodi dan memberikan hasil rempah-rempahnya kepada Belanda. Karena keadaan demikian maka penduduk Maluku angkat sejata untuk melepaskan diri dari ikatan penderitaan pemerintah Belanda.

Thomas Matulessy diangkat menjadi pemimpin guna melawan Belanda dengan gelar Kapitan Pattimura. Dengan kepemimpinannya maka berhasil merebut benteng Duurstede pada tahun 1817. Semua pasukan Belanda yang berada didalam benteng itu termasuk Residen Van den Berg, tewas. Namun Belanda mengirim pasukan yang lebih besar lagi dengan persenjataan yang lengkap dan benteng Duurstede berhasil di ambil alih lagi oleh Belanda. Dan Belanda kembali menyerang balik dengan secara besar-besaran. Dikarenakan perlawanan tidak seimbang maka Kapitan Pattimura tertangkap pada saat berada disebuah rumah rekannya berikut beberapa temannya. Lalu Kapitan Pattimura dibawa ke Ambon dan Belanda membujuk untuk bekerjasama, namun bujukan itu ditolak.

Akhirnya kolonial Belanda memutuskan untuk menjatuhi hukuman gantung kepada Pattimura. Sebelum digantung Belanda kembali membujuk Pattimura untuk bergabung bekerjasama, tapi ditolak lagi. Dan pada hari Selasa 16 Desember 1817 Pattiura dihukum gantung didepan benteng Victoria di Ambon.

Betama gigihnya semangat dan tekad Kapitan Pattimura terdahap demi membela daerahnya dan bangsanya.

2. Tuanku Imam Bonjol
Lima Ribu Rupiah

Siapakah Imam Bonjol itu?
Tuanku Imam Bonjol
Nama aslinya adalah Muhammad Sahab yang dikenal dengan nama Tuanku Imam Bonjol. Ia lahir di Tanjug Bunga Sumatera Barat di tahun 1772.

Ia banyak belajar soal agama dari orang-orang ulama di Sumatera Barat dan akhirnya ia menjadi seorang guru agama di Bonjol. Sebagai tokoh ia cukup disegani. Disini ia menyebarkan paham Paderi.

Di tahun 1821 Belanda dengan bala bantuanyannya menyerang kaum Paderi untuk menguasa daerah Sumatera Barat. Tuanku Imam Bonjol memimpin pertarungan ini dan akhirnya Belanda kewalahan dan terpaksa mengadakan perjanjian Masang tahun 1824 yanng mengakui bahwa Tuanku Imam Bonjol sebagai penguasa daerah Alahan Panjang. Namun perjanjian ini dilanggar oleh Belanda dan peperangan kembali berkorbar.

Sebagian demi bagian daerah tersebut jatuh ke tangan Belanda. Daeran Tuangku Imam Bonjol bertambah sempit dan terkurung oleh daerah-daerah Belanda. Tahun 1832 Bonjol berhasil diduduki oleh Belanda, tetapi beberapa bulan kemudian Paderi direbut kembali. Belanda menyerang Tuanku Imam Bonjol berkali-kali tapi selalu gagal. Lalu Belanda mengadakan perdamaian namun Tuaku Imam Bonjol mencurigainya.

Kurang lebih tiga tahun kemudian Belanda mengepung dan Bonjol kembali direbut tangan Belanda. Tgl 16 Agusutus 1837. Tuanku Imam Bonjol berhasil meloloskan diri dan berjuan ditempat lain.

Tahun 1837 Tuanku Imam Bonjol diundang untuk perundingan, namun taktik licik Belanda ini berhasil menangkap Tuanku Imam Bonjol dan dibuang ke Cianjur Jawa Barat, lalu ke Ambon dan berakhir di Lotan dekat Manado. Ditempat inilah Tuanku Imam Bonjol meninggal dunia pada tgl 8 Nopember 1864 dan dimakamkan disana.

3. Sultan Mahmud Badarudin II
Sepuluh Ribu Rupiah

Siapakah Sultan Badarudin itu?
Sultan Badarudin
Sultan Mahmud Badaruddin II (l: Palembang, 1767, w: Ternate, 26 November 1862) adalah pemimpin kesultanan Palembang-Darussalam (1803-1819), setelah masa pemerintahan ayahnya, Sultan Mahmud Badaruddin.

Dalam masa pemerintahannya, ia beberapa kali memimpin pertempuran melawan Britania dan Belanda, diantaranya yang disebut Perang Menteng. Tahun 1821, ketika Belanda secara resmi berkuasa di Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin II ditangkap dan diasingkan ke Ternate.

Namanya kini diabadikan sebagai nama bandara internasional di Palembang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Mata uang rupiah pecahan 10.000-an yang dikeluarkan pada 20 Oktober 2005 menggunakan Sultan Mahmud Badaruddin II sebagai gambar hiasannya. Penggunaan gambar ini sempat menjadi kasus pelanggaran hak cipta, karena gambar tersebut digunakan tanpa izin pelukisnya.

Sejak timah ditemukan di Bangka pada pertengahan abad ke-18, Palembang dan wilayahnya menjadi incaran Britania dan Belanda. Berdalih menjalin kontrak dagang, bangsa Eropa ini berniat menguasai Palembang. Awal bercokolnya penjajahan bangsa Eropa biasanya ditandai dengan penempatan loji (kantor dagang). Di Palembang, loji pertama Belanda dibangun pada tahun 1742 di tepi Sungai Aur (10 Ulu).

Orang Eropa pertama yang dihadapi Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) adalah Sir Thomas Stamford Raffles. Raffles tahu persis tabiat Sultan Palembang ini. Karena itu, Raffles sangat menaruh hormat di samping ada kekhawatiran sebagaimana tertuang dalam laporan kepada atasannya, Lord Minto, tanggal 15 Desember 1810:

Sultan Palembang adalah salah seorang pangeran Melayu yang terkaya dan benar apa yang dikatakan bahwa gudangnya penuh dengan dollar dan emas yang telah ditimbun oleh para leluhurnya. Saya anggap inilah yang merupakan satu pokok yang penting untuk menghalangi Daendels memanfaatkan pengadaan sumber yang besar tersebut.

Bersamaan dengan adanya kontak antara Britania dan Palembang, hal yang sama juga dilakukan Belanda. Dalam hal ini, melalui utusannya, Raffles berusaha membujuk SMB II untuk mengusir Belanda dari Palembang (surat Raffles tanggal 3 Maret 1811).

4. Otto Iskandar Dinata
Dua Puluh Ribu Rupiah

Siapakah Otto Iskandar Dinata itu?
Tentang bla..bla.bla..
R. Otto Iskandardinata (Bandung, Jawa Barat, 31 Maret 1897 – Lembang, Bandung, 20 Desember 1945) adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Ia pernah menjabat Menteri Negara Kabinet Presidensial periode 19 Agustus 1945 – 14 November 1945. Selain itu, Otto Iskandardinata adalah mantan ketua organisasi Paguyuban Pasundan dan anggota Volksraad (DPR pada masa Hindia Belanda).

Otto Iskandardinata wafat pada 20 Desember 1945 pada umur 48 tahun dan dimakamkan di Lembang, Bandung. Saat ini namanya diabadikan sebagai nama jalan di beberapa kota di Indonesia.

5. I Gusti Ngurah Rai


Lima Puluh Ribu Rupiah

Siapakah I Gusti Ngurah Rai itu ?
I Gusti Ngurah Rai
Letnan Kolonel I Gusti Ngurah Rai (Desa Carangsari, Kabupaten Badung, 30 Januari 1917�Margarana, 20 November 1946) adalah seorang pahlawan Indonesia dari Kabupaten Badung, Bali.

Beliau memiliki pasukan yang bernama "Ciung Wenara" melakukan pertempuran terakhir yang dikenal dengan nama Puputan Margarana. (Puputan, dalam bahasa bali berarti "habis-habisan", sedangkan Margarana adalah daerah terjadinya perang besar tersebut)

Bersama 1.372 anggotanya pejuang MBO (Markas Besar Oemoem) Dewan Perjoeangan Republik Indonesia Sunda Kecil (DPRI SK) dibuatkan nisan di Kompleks Monumen de Kleine Sunda Einlanden, Candi Marga, Tabanan. Detil perjuangan I Gusti Ngurah Rai dan resimen CW dapat disimak dari beberapa buku, seperti "Bergerilya Bersama Ngurah Rai" (Denpasar: BP, 1994) kesaksian salah seorang staf MBO DPRI SK, I Gusti Bagus Meraku Tirtayasa peraih "Anugrah Jurnalistik Harkitnas 1993", buku "Orang-orang di Sekitar Pak Rai: Cerita Para Sahabat Pahlawan Nasional Brigjen TNI (anumerta) I Gusti Ngurah Rai" (Denpasar: Upada Sastra, 1995), atau buku "Puputan Margarana Tanggal 20 Nopember 1946" yang disusun oleh Wayan Djegug A Giri (Denpasar: YKP, 1990).

Pemerintah Indonesia menganugerahkan Bintang Mahaputra dan kenaikan pangkat menjadi Brigjen TNI (anumerta). Namanya kemudian diabadikan dalam nama bandar udara di Bali, Bandara Ngurah Rai.

5. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta
Seratus Ribu Rupiah

Sang Proklamator ?
Proklamator
Ir. Soekarno1 (lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – wafat di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945 - 1966. Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah penggali Pancasila. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Nah itu adalah gamabr - gambar pahlawan dalam mata uang Rupiah, dan itu adalah uang dalam versi cetak terbaru, mari kita lihat uang-uang pendahulunya yang juga terdapat gambar-gambar para pahlawan Indonesia



1. Seribu Rupiah
Macam-macam

Sisingamangaraja (Uang Tahun 1987)

Jenderal Soedirman (Uang Tahun 1968)

Ir. Soekarno (Uang Tahun 1960)

Tuanku Imam Bonjol (Uang Tahun 1975)


2. Lima Ribu Rupiah
Macam-macam

Teuku Cik Di Tiro (Uang Tahun 1986)---. saya lupa, gak tau betul apa gak namanya?hehe


3. Sepuluh Ribu Rupiah
Macam-macam
Sultan Hamengku Buwono

Ibu Kita Kartini

Cut Nyak Dien


4. Dua Puluh Ribu Rupiah
Macam-macam
Ki Hajar Dewantara


5. Lima Puluh Ribu Rupiah
Macam-macam.
Soeharto


6. Seratus Ribu Rupiah


Macam-macam
Bapak Proklamator

Terakhir
Yang bikin nangis kalau jatuh ngglinding

2 komentar:

Astince mengatakan...

wah yg terakhir btul tuh..klo jatuh bisa nangis bombay

johan supriyanto mengatakan...

saya punya uang kuno Sepuluh ribu rupiah Tjut Njak Dhien

Posting Komentar