Selamat Datang

MARI LIHAT BETAPA KAYA DAN INDAHNYA NEGERI INI

.

MENGENAL INDONESIA

Written By ferdy on Sabtu, 02 April 2011 | 22.01

Semua pasti belum mengenal betul tentang negara yang kita cinta ini.
saya pun juga begitu, lohh. . .melalui blog ini kita akan bertukar pengetahuan mengenai Indonesia, memahami dan mengenal lebih jauh bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya.
Sudah 65 tahun negeri ini terbebas dari belenggu kejam penjajah, dan selama itulah negeri beranjak untuk menjadi dewasa. Tak kenal maka tak sayang, itulah jargon umum yang sering dilontarkan untuk memulai mengenal sesuatu. Sebagai permulaan, mari kita mengenal darimana atau asal mula bangsa ini dinamakan INDONESIA.

Berawal dari sebutan bangsa asing yang berlayar dengan maksut berdagang, menyebut Indonesia dengan istilah 
"Kepulauan Hindia" atau "Kepulauan Melayu". Kemudian pada masa penjajahan zaman Belanda, Bangsa ini disebut dengan nama "Hindia-Belanda". Dan seorang Multatuli pernah mengusulkan untuk menamai Bangsa ini dengan nama "Insulinde" yang artinya kepulauan Hindia.
Lanjutan dari banyak sebutan diatas, Windsor Earl seorang ilmuwan mengenai etnologi bangsa, melalui Artikel yang tercakup dalam Majalah Ilmiah Tahunan menyebutkan bahwa sudah saatnya Bangsa yang disebut Kepulauan Hindia mempunyai nama yang spesifik atau khas agar tidak terjadi kerancuan dengan nama India lain. Earl mengajukan dua nama yaitu "Indunesia" atau "Malayunesia". Earl sendiri lebih memilih nama melayunesia karena lebih mewakili Indonesia sebagai bangsa melayu, Ilmuwan yang lain yaitu James Richardson juga sepakat dengan Earl mengenai tujuannya, tapi berbeda dalam penamaannya, James lebih memlilih nama "Indunesia" dan mengganti huruf "u" dengan "o" agar lebih mudah dalam pengucapannya, dan disebutlah Bangas ini dengan "Indonesia". Ketika mengusulkan nama "Indonesia" James tidak menyadari bahwa seiiring dengan berjalannya waktu, nama itu menjadi nama resmi. Sejak saat itu James konsisten menggunakan nama tersebut dalam karya - karya ilmiahnya.
Begitulah asala muasal mengenai nama dari Bangsa ini yaitu "Indonesia", hanya sekedar menyampaikan, jika ada perlu penambahan, silahkan para pembaca menyematkan komentarnya sebagai pelengkap artikel ini.
AKU BANGGA MENJADI INDONESIA

0 komentar:

Posting Komentar